Secuil informasi tentang tempat – tempat menarik di South Australia

uni of Adelaide
Menjelajah tempat – tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, akan menimbulkan kesan tersendiri. Di South Australia ini, banyak tempat menarik yang bisa kunjungi, baik yang lokasinya di dalam kota Adelaide, sekitar kota, ataupun di luar kota.

Saya mulai dari dalam kota Adelaide.
Adelaide adalah kota yang tidak terlalu besar dengan banyak bangunan tua yang menurut saya eksotis. Sebagian besar bangunan University of Adelaide sendiri adalah bangunan tua. Juga gedung – gedung di sekitarnya, seperti Art gallery, Post Office di Victoria Square dan bangunan eksotik gereja katholik Katedral St. Francis Xavier di Wakefield Street.

Menurut saya, Adelaide adalah kota dengan tata kota yang sederhana dan cantik dengan transportasi umum yang unik menarik, yang memudahkan kita untuk memutari kota untuk berbagai urusan secara efisien. Kota dipagari oleh teras di empat penjuru (North, East, South, and West Terrace) yang dapat dijangkau dengan transportasi umum gratis. Di setiap teras terdapat taman luas dengan pohon – pohon yang sudah tua.

Koleksi benda seni di Art Gallery yang letaknya persis bersebelahan dengan Uni of Adelaide, cukup mengagumkan. Saya sangat terpesona dengan sebuah lukisan yang bercerita tentang seorang suami yang membukakan pintu bagi istrinya yang saat itu punya salah berat ke suaminya, si suami mengangkat siku si istri yang sedang bersimpuh untuk memohon belas maaf dari suami dan seperti dengan hangat dan tulus menerima si istri untuk kembali ke rumah (entah kesalahan apa yang telah si istri lakukan, mungkin perselingkuhan). Lukisan itu sangat menyentuh hati.

Masih ada tempat lain lagi, seperti Zoo, Botanical Garden dan National Wine Centre, juga River Torrens dan Casino, chocholate factory, toko-toko barang unique dan resto – resto masakan khas.

Sekarang ke luar kota,
Seperti di postingan sebelumnya, saya sempat jalan – jalan ke Gorge Wildlife Park yang lokasinya di bukit yang dikelilingi sungai. Terdapat binatang khas Australia, seperti tentu saja Kanguru, Wallaby, Wombat, Dingoes. Adalagi Cleland Park juga dengan animal. Jika suka dengan pemandangan alam dan mau menikmati kebun anggur, bisa berkunjung ke Barossa Valley yang terdapat banyak winery. Petualangan seru bisa dijumpai di Flinders Ranges juga Hahndorf. Pantai – pantai yang bersih dengan pasir putihnya layak dinikmati apalagi di Spring dan Summer ini. Glenelg Beach adalah tempat yang saya kunjungi tiap weekend (untuk bekerja). Beberapa bulan lalu saya juga jalan – jalan ke Brighton beach. Masih ada Outer Harbor dan Henley Beach. Masih banyak yang belum saya sebut. Ooww…hampir lupa, juga ada tempat untuk melihat barang – barang khas Aborigin.

Secuil informasi ini bisa sebagai gambaran untuk Evi Purba di Bali yang bulan Desember nanti akan kunjungi Adelaide. Evi bisa kontak saya, siapa tahu bisa bertemu. Untuk informasi lengkapnya bisa searching ya….

9 Responses to “Secuil informasi tentang tempat – tempat menarik di South Australia”

  1. sabri GoBlogGer Says:

    salam kenal bu.
    Di adelaide skr lagi musim apa bu? Ada musim duren gak?skr di indonesia lagi musim duren lho.
    Saya pengen lho bisa kesana, tapi kapan ya?apalagi gak bisa bahasa inggris.hehehe.

    Salam kenal juga,….
    Wah dengar kata duren saya hanya bisa mbayangkan lezaattt-nya, juga bau harumnya. Disini sejauh jelajah saya, nggak ada duren. Sekarang lagi musim semi (spring) mau summer…lha nggak nyambung…lagi musim buah cherry dan strawberry. Lowongan kerja jadi pemetik cherry lagi banyak, gajinya lumayan banyak lho (jika dirupiahkan dengan rate hari ini!). Kalau sudah ada “keinginan”, pasti akan terbentang jalan (…Amin). Masak sih nggak bisa bahasa inggris, kan ada pelajarannya sejak SD/SMP. Pokoknya asal bunyi aja, nggak perlu yang grammar focused, bisa diperjelas dengan gerakan tangan he…he, kita ngerti lawan bicara juga ngerti. Dan setelah stay 3 bulanan, akhirnya akan menjadi sangat biasa dan mengalir…Saya rencana nengok rumah Bulan Pebruari, masih kebagian musim duren gak ya? Minggu kemarin saya lihat ada rambutan, sekilo 20 dolar Aus, dengan rate 8000, berarti sekilo harganya 160.000, …wow, saya dulu di Indo beli rambutan 1000 perak dapat se-kresek gedhe!.
    ARIS

  2. Musa Says:

    Itulah perbedaan Indonesia dengan Negara lain. Malah yang punya nilai sejarah bisa berganti karena keinginan ingin mendapatkan keuntungan pribadi atau sekelompok orang.
    Disini banyak bangunan yang dipertahankan untuk menarik minat turis untuk datang ke kota Dijon.

    Betul Pak,…sedih kalau teringat, but right or wrong Indonesia is our country. Tempat bersejarah yang ada, seringkali tidak terawat dan tidak bersih. Saya pernah ajak anak masuk ke Candi Prambanan di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah dan di tempat arca yang paling tinggi letaknya, (maaf) bau kencing, sungguh sangat tidak nyaman sekali.
    Padahal, candi – candi itu kan karya bangsa yang amat hebat, bayangkan aja…pada jaman itu bisa ciptakan bangunan semegah itu, hebat sekali kan. Tapi sayangnya ya itu, banyak yang tidak terawat dan kotor. Ya kita mulai saja dari diri kita sendiri, untuk menghargai karya besar bangsa kita dan berkontribusi merawatnya. Dalam minggu ini saya sudah promosi Candi Borobudur ke dua orang Australia, karena kebetulan mereka mengagumi ajaran Budha, dan support mereka to visit Indonesia.
    ARIS

  3. reny Says:

    Hi aris,
    coba deh ke kangaroo island kalau sempat. Tapi ya itu kalau bisa ikutan tour atau nyetir sendiri. Sea lionnya bertebaran di pantai…dan remarkable rockny amazing….
    OK good luck untuk PhD coursenya ya….ada website yang kusarankan kalau lagi stress dan kena permanent head damage….www.phdcomics.com
    Cheers,
    Reny

    Hai…hai…ini mbak Reny to??? aku baru ngeh ketika lihat alamat emailnya!!!! lagi stay di mana sekarang??? jadi ke Adelaide??? wah..thank you sarannya…juga jumpernya, tahu gak, setiap hari aku pakai lho, itu benda yang paliiiing seriiiing aku pakai, setiap hari. karena ternyata sekalipun summer, suhu maks tetap aja 22.
    thank you so much….
    ARIS

  4. era Says:

    salam…wah seronok juga tentang australia..bulan 4 ni sdik ipo sayer nk kesana..tak tau la saye nak soh dia beli ape…kalu korang boring23 ask ckap pasal aus korang layari laman aku ni..macam2 aku jual dengan murah2.dress,skirt….www.sexsymoney.com
    agak2 nak cr brg uma murah2 http://www.hjsanipenterprise.myportal.my

  5. christine Says:

    Hallo mbak, salam kenal, aku minta tlg donk info caranya biar kerja memetik cherry di adeliade, aku tinggal adeliade sjak december 2008 yg lalu, aku sdh dengar ttg kerja memetik cherry, tapi tdk tau infonya, tlg donk infoin biar aku ada kegiatan. tks ya

    christina

  6. ariswidayati Says:

    Dear Christine,
    Biasanya aku lihat di web uni-ku. tapi kemarin aku lihat gak ada info metik buah, mungkin saat ini musih buah hampir berakhir. tapi banyak info kerja lainnya. nanti aku japri aja yaa…thanks. ARIS

  7. christine Says:

    Hallo tks atas infonya ya, kalau lowongan tls infoin aku ya, kerja apa saja mau, dulu di negeri kita aku pns, krn ikut suami aussie disini jadi tdk kerja, he he bhs inggrisku masih low sekali, makanya aku sdh kursus di tafe. tapi kalua ada kerja apa saja yg tdk terlalu membutuhkan english yg baik tlg infoin, hitung2 aku biar ada kesibukan dan bisa membantu byr uang kuliah anakku. thanks sekali ya, semoga mbak sukses dlm study

    christine

  8. Hida Says:

    Halo Bu Aris..

  9. ningsih Says:

    mbak aris dan mbak christine…
    aku mau juga dong info kerjanya 🙂
    tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: